Judul : e.encyclopedia Sains

Penerbit : Erlangga

ISBN : 978-979-033-316-1

Tahun Terbit : 2004

Buku e.encyclopedia Sains merupakan buku yang berisi mengenai beragam informasi sains yang mencakup ilmu menganai Zat dan Materi, Gaya dan Energi, Listrik dan Magnet, Ruang Angkasa, Bumi, Tumbuhan, Hewan hingga Tubuh Manusia yang dilengkapi dengan gambar bewarna yang menarik untuk dipelajari oleh kalangan anak-anak hingga dewasa sekalipun selain itu, pembaca juga dapat melihat informasi dalam bentuk lain, yaitu dalam bentuk Animasi, Video, Suara, Kuis Interaktif, hingga informasi terkini seputar bahasan yang dicari menggunakan link yang tercantum dalam buku ini yaitu http://www.sciencebook.dkonline.com/ . Melalui buku ini dijelaskan mengenai banyak hal, diantaranya dimulai dari bagaian yang paling umum, yaitu Zat dan Materi. Zat membentuk semua yang bisa dipegang atau dirasa. Dalam zat sendiri dapat dibedakan berdasarkan sifat materi, jenisnya, dan wujudnya. Untuk mengetahui detailnya, pembaca dapat melihat lebih detail pembahasannya melalui buku e.encyclopedia Sains yang ada di Perpustakaan Universitas Widya Kartika dengan nomor panggil  603 Enc -.

Bab selanjutnya membahas mengenai Gaya dan Energi. Pada bab ini dijelaskan mengenai banyaknya Gaya dan Energi yang dihasilkan di lingkungan di sekitar kita, yang mecakup gaya gravitasi, energy panas, nuklir, gelombang energy, suara, hingga cahaya. Semua diulas secara menarik dan dilengkapi dengan gambar yang sangat jelas sehingga cocok untuk dibaca dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Selain itu terdapat bahasan lainnya yang mencakup listrik dan magnet. Membahas manfaat listrik bagi kehidupan sehari-hari, serta alat-alat yang berkaitan dengan kelistrikan, mulai bagian yang terkecil seperti mikro cip hingga teknologi kecerdasan buatan atau AI.

Bab berikutnya membahas mengenai Ruang Angkasa. Dalam buku e.encyclopedia Sains ini, dijelaskan banyak hal yang jarang diketahui secara umum, diantaranya proses terbentuknya alam semesta, materi gelap, hingga tersebarnya galaksi di alam semesta disertai 200 milliar bintang didalamnya. Untuk memudahkan pembaca, dalam buku ini dijelaskan juga mengenai tata surya yang objeknya masih dekat dengan bumi. Dalam buku ini, dijelaskan secara mendetail mengenai planet-planet yang terdapat dalam tata surya dan objek-objek lainnya yang telah dipelajari manusia, yaitu mencakup pengetahuan astronomi, satelit, roket, serta kehidupan di luar angkasa yang dapat diketahui dari para astronaut.

Selain membahas Ruang Angkasa, dalam buku ini juga dijelaskan mengenai Bumi beserta beserta apa yang ada didalamnya seperti Atmosfer, Samudra, Daratan, Es, gunung, mineral dan komponen-komponen lainnya yang menjadi bagian dari bumi. Di dalam bumi sendiri terdapat biosfer yang berfungsi sebagai media atau hal-hal yang dibutuhkan oleh mahluk hidup. Pada buku ini juga membahas mengenai ragam mahluk hidup yang menempati bumi diantaranya Tumbuhan, Hewan dan Manusia. Tumbuhan dalam buku ini dijelaskan secara lengkap berdasarkan klasifikasinya, anatomi, jenis dan varian. Selain tumbuhan, juga membahas mengenai Hewan / Kingdom Animalia. Dalam Bab ini membahas juga mengenai klasifikasi hewan yang mencakup kelas pertama disebut Filum, Kelas, Bangsa, Suku, Marga, hingga Spesies.semua hal mengenai siklus hidup, reproduksi, cara makan, komunikasi, perilaku, evolusi hingga kepunahan juga dijelaskan dalam buku ini serta dilengkapi dengan gambar. Bab terakhir yang dibahas dalam buku ini yaitu tentang tubuh manusia. Cakupan yang dibahas dalam bab ini diantaranya sistem tubuh, rangka, otot, saraf penglihatan, pendengaran, pertumbuhan teknologi medis serta beragam informasi menarik lainnya.

Buku  e.encyclopedia Sains sangat interaktif dan menarik untuk dibaca bagi orang dewasa dan anak-anak karena dilengkapi dengan gambar serta informasi yang disampaikan menarik dan ringkas sehingga mudah dipahami. Apabila berminat membaca buku ini, dapat dating langsung ke perpustakaan Universitas Widya Kartika dengan mencari pada rak dengan nomor panggil 603 Enc – . untuk memudahkan pembaca menemukan buku ini, dapat mengakses katalok online yang tersedia melalui tautan berikut Klik disini

TF 

Leave a Comment